Saturday 1 September 2012

MERDEKA ITU HANYA ADA PADA ISLAM...!!!

Setiap manusia pasti menginginkan sebuah kemerdekaan alias kebebasan, tak terkecuali bagi kaum Muslimin. Karena hidup merdeka adalah suatu kenikmatan yang besar. Dengan hidup merdeka banyak hal yang bisa di kerjakan. Sebaliknya, jika hidup terjajah, maka seseorang akan terkungkung dan tidak ada yang bisa di perbuat. Jika fisik seseorang terikat dengan belenggu, terlebih lagi jika yang terbelenggu adalah jiwanya, karena jiwalah yang menjadi inti dari sebuah kemerdekaan.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: "Ketahuilah, sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal darah, apabila ia baik, maka baiklah seluruh jasadnya. Dan apabila ia rusak, maka rusaklah seluruh jasadnya. Itulah gambaran hati." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Tidak mungkin seseorang mendapatkan apa yang ia inginkan berupa kemerdekaan atau kebebasan dalam kehidupan ini, kecuali ia mencari kemerdekaan tersebut di dalam agama Islam yang mulia. Dalam Islam kemerdekaan yang didamba benar-benar akan direngkuh. Bukan hanya bagi manusia tapi tumbuh-tumbuhan dan binatang melata pun akan merasakan kemerdekaan yang hakiki. Karena Islam membawa kedamaian dan ketentraman bagi semua. Hanya dengan Islam seseorang akan mendapatkan kemerdekaan hakiki. Berikut diantara bentuk-bentuk kemerdekaan tersebut adalah:
1. Merdeka dari cengkraman kesyirikan
Syirik adalah belenggu terkuat hingga membuat manusia menjadi orang yang dungu, hina dan bodoh. Syirik adalah penjajah dzholim yang siap mencengkram kehidupan manusia. Kehidupannya akan selalu di rundung ketakutan dan kegelisahan yang membuat mereka bersusah payah dalam mengarungi kehidupan ini.

Allah Subhanahu wa ta'allah berfirman: "Sesungguhnya syirik itu benar-benar merupakan kedzholiman yang besar." (QS. Luqman [31] : 13)

Dengan Islam yang murni seseorang akan merasakan hidup merdeka dari belenggu penyembahan sesama mahluk menuju sesembahan kepada Allah Subhanahu wa ta'allah semata, dan dapat memberikan ketenangan jiwa dan kedamaian hati bagi seseorang, sehingga menbuat lapang dada dan tenang hatinya.

Allah Subhanahu wa ta'allah berfirman: "Allah membuat perumpamaan (yaitu) seorang laki-laki (budak) yang dimiliki oleh beberapa orang yang berserikat yang dalam perselisihan dan seorang budak yang menjadi milik penuh dari seorang laki-laki (saja), Adakah kedua budak itu sama halnya?." (QS. Az Zumar [39] : 29)

No comments:

Post a Comment