Monday 14 January 2013

Menjadi Anak Gaul Itu, Harus..!!

Tidak ada yang salah dengan kata GAUL. Akan menjadi masalah ketika diasosiasikan dengan kenegatifan.
Selama ini kita memberikan konotasi jelek terhadap kata GAUL. Anak Gaul sering diasumsikan pakaiannya selalu mode on mengikuti model-model yang sedang ngetren. Atau bahkan anak gaul sering di identikan dengan pakaian yang compang-camping, punk, model rambut yang bagian depan lurus keatas, samping kiri dan kanan plontos, atau jambul mania.
Seorang remaja yang GAULnya salah, seringkali mendapatkan cibiran dan cacian. makin betahlah ia bersama kelompok GAULnya. Grup-grup musik atau band adalah salah satunya yang menonjolkan tampilan-tampilan yang merka sebut sebagai anak funk atau gaul.

Gaul adalah berteman atau bersahabat. Kata gaul memiliki arti yang bisa di luaskan. Anak GAUL adalah yang menghargai dirinya sendiri. Anak gaul adalah mereka yang yakin dirinya adalah sebaik-baiknya ciptaan Alloh swt . Sehingga ketika mereka menghargai dirinya sendiri, maka mereka akan berpenampilan yang menghargai dirinya sendri, yang laki-laki rapih, wangi dan bersih. Sementara yang perempuan rapih, bersih dan menutup aurat. Betapa tidak, tubuh yang Alloh swt berikan kepada kita adalah limited edition, satu-satunya. Ketika rusak, tidak ada suku cadangnya, ketika cacat tidak bisa kembali seperti aslinya. Sehingga diri-diri kamu itu MAHAL, Sob.

So, hargailah diri sendiri. Berilah kepatutan kepada diri-diri kamu. Berdandan dan berpenampilanlah yang patut. Nah, ketika kamu menyadari bahwa kamu adalah sebaik-baiknya ciptaan Alloh swt, maka kamupun akan berperilaku yang sebaik-baiknya. Tidak nge-drug, tidak tawuran dan tidak melakukan perbuata-perbuatan yang dilarang baik oleh agama maupun oleh norma-norma yang berlaku. Kemudian kamupun akan selalu mengisi waktu-waktumu dengan sesuatu yang bermanfaat. Diisi dengan kegiatan-kegiatan yang membantu kamu meraih tujuan-tujuan hidup.

Anak gaul adalah yang berteman dan bersahabat dengan kebenaran. Menyuarakan kebenaran dengan lugas dan tegas, bahwa kebenaran adalah benar dan membela yang benar serta tidak membuat-buat pembenaran. Kebenaran datangnya dari Alloh swt, yaitu wahyu Alloh swt berupa Al-Qur'an dan Sunnah. Sehingga selalu berkeyakinan yang benar, yakni bahwa dirinya hamba Alloh swt yang harus selalu melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi yang dilarang-Nya. Selalu berkata-kata yang benar, jujur, berkata yang baik atau diam. Selalu berperilaku yang benar, perilakunya menginspirasi banyak orang dan lingkungannya. Merekalah pahlawan kebenaran yang akan selalu dibenarkan.

Anak Gaul adalah yang dekat dan berteman dengan ILMU. Dirinya selalu semangat meningkatkan kualitas kemampuan atau skill dirinya. Haus ilmu, bukan haus bertarung. Haus belajar buakan haus bolos. Haus membaca bukan haus melihat Barca. Haus menuntut ilmu dan haus untuk mengamalkannya.
Anak gaul adalah mereka yang memiliki tujuan hidup yang mulia. Muda mulia, dewasa kaya-raya, tua bahagia dan mati masuk surga bertemu dengan Alloh swt.
Gantungkan cita-citamu setinggi langit dengan kesuksesan yang mengakar membumi. Sayangnya banyak remaja generasi kita kini kosong pada visi hidupnya dari tujuan yang mulia dan menantang. Padahal, untuk menetapkan tujuan hidup atau impian itu GRATIS. Lha ini untuk bermimpi saja PELIT. Bermimpilah, namun bukan menjadi penghayal. Milikilah tujuan hidup yang menantang dan mulia.

Anak Gaul adalah mereka yang selalu mengukir prestasi atau hasil dari setiap aktivitasnya. Mereka memiliki prinsip dalam kamus sanubarinya, bahwa hari ini lebih baik dari kemarin, sehingga menjadi orang yang beruntung. Semakin bertambah hari, maka semakin bertambah prestasi kebaikannya. Yang biasanya membaca Al-Qur'an satu juz dalam dua hari, maka menjadi satu juz dalam sehari. Yang biasanya berinfaq sekali seminggu, menjadi satu kali absen infaq sdalam seminggu dan peningkatan amal-amal yang lain. Anak Gaul adalah mereka yang menjadikan Rosululloh Muhammad saw sebagai panutan, suri tauladan dan sumber insprirasi dalam kehidupannya. Selalu mengkaji dan membaca sejarah perikehidupannya, dan mencontohnya. Mereka yang membela Nabinya saw dengan mengikuti Sunnah-sunnahnya. Mereka yang sangat rindu bertemu dengan Nabinya yang menunggu di telaga kautsar.

Anak Gaul adalah mereka yang selalu berbakti dan bergaul dengan baik terhadap orang tuanya. Mereka yakin bahwa keridhoan Alloh swt berada dalam keridhoan orang tuanya, murka Alloh swt bereda dalam murka orang tuanya. Selalu berkata yang sopan dan santun kepada orang tuanya. Membantu orang tua dan selalu berdoa untuk keduanya, baik ketika masih hidup ataupun ketika sudah tiada.
Sahabat muda, menjadilah ANAK GAUL..!! Gaul yang BENAR. Yang bergaul dengan kebenaran dan pembela kebenaran. Allohu almusta'an.

Sumber : Majalah Gerimis Vol. 21.2013. Hal 58 (Berbakti Kepada Orang Tua Sampai...)

No comments:

Post a Comment